RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Kelas/Semester : x/2
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Pancasila Dan Kewarganegaraan
Topik : Integrasi Nasional
Pertemuan
Ke : 4
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit
A. Kompetensi
Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
no
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1
|
1.1 Menghargai prilaku beriman
dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berahlak mulia dalam kehidupan dilingkungan
sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara.
|
1.1.1
Meyakini Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai salah satu sila dasar negara.
1.1.2
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dirumuskannya
pancasila sebagai dasar negara oleh para pendiri negara.
|
2
|
2.1 Menghargai keluhuran
nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
|
2.1.1
Meneladani semangat dan komitmen kebangsaan seperti yang ditunjukkan oleh
para pendiri Negara dalam perumusan Pancasila sebagai dasar negara
|
3
|
3.1 Memahami nilai-nilai
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
|
3.1.1
Mendeskripsikan kedudukan dan fungsi pancasila sebagai dasar negara dan
pandangan hidup bangsa.
3.1.2
Mendeskripsikan arti penting Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan
hidup bangsa
3.1.3
Mendeskripsikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
|
4
|
4.1 Menalar nilai-nilai Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
4.2 Menyaji bentuk partisipasi
kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional
|
4.1.1
Menunjukkan keterampilan mengamati tentang Pancasila sebagai dasar negara
dan pandangan bangsa.
4.1.2
Menunjukkan keterampilan menanya tentang Pancasila sebagai dasar negara
dan pandangan hidup bangsa.
4.1.3
Menyusun laporan hasil telaah tentang Pancasila sebagai dasar negara dan
pandangan hidup bangsa dalam kehidupaan sehari-hari.
4.1.4
Menyusun gagasan tentang upaya mengamalkan nilai-nilai pancasila sebagai
dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari.
4.1.5
Menyajikan laporan hasil telaah dan gagasan tentang Pancasila sebagai
Dasar Negara dan pandangan hidup bangsa.
4.2.1
Mencoba praktik Kewarganegaraan sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila
dalam kehidupan sehari-hari.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran peserta didik dapat:
1. Memahami penyebab-penyebab disitegrasi.
2. Memahami bahaya disintegrasi nasional
terhadapa keutuhan bangsa.
3. Menimbulkan sikap toleran terhadap perbedaan
sebagai upaya menjaga keutuhan bangsa.
D. Materi
Pembelajaran
Bahaya disintegrasi nasional terhadap persatuan dan kesatuan bangsa.
E. Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan :
Metode Ilmiah (Scientific Method)
2. Metode :
Pembelajaran Berbasis Masalah (problem-based learning)
F. Sumber Belajar
1. Buku pelajaran PPKn kelas
2. Buku LKS mata pelajaran PPKn
3. Referensi internet sesuai materi yang sedang
diajarkan.
G. Media
Pembelajaran
1. Media
·
Power Point
2. Alat dan Bahan
·
Laptop
·
Proyektor
·
Layar proyektor
H. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Guru mempersiapkan
kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar, menyiapkan kerapian dan kebersihan ruang kelas, membaca doa dan absensi, sebelum pelajaran dimulai.
b.
Guru memberikan
penguatan tentang aspek motivasi belajar dan sikap spiritual peserta didik
berkaitan dengan rasa syukur kepada tuhan yang maha esa.
c.
Guru memberi informasi tentang kompetensi dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
d.
Guru menyampaikan materi pembuka sebagai pengetahuan bagi sisiwa.
e.
Guru membentuk kelompok belajar dalam kelas.
f.
Guru memberi batasan wktu pembentukan kelompok selama 5
menit.
|
20 menit
|
Inti
|
Mengamati (Observing)
1) Peserta didik disajikan ilustrasi tentang disintegras nasional.
2) Peserta didik
dituntut untuk memahami ilustrasi yang sedang ditampilkan.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)
Peserta didik dengan kelompok mengumpulkan informasi yang
berkaitan dengan kasus-kasus disintegrasi yang pernah terjadi
di Indonesia. Mengumpulkan informasi tentang faktor penyebab, akibat/dampak yang timbul,
serta solusi yang digunakan dalam penanganan kasus disintegrasi yang pernah
terjadi di Indonesia.
2)
Guru menjadi fasilitator bagi siswa, sekaligus menjadi sumber
belajar dengan memberikan konfirmasi atas jawaban peserta didik. Guru dapat
pula menjawab pertanyaan kelompok apabila kesulitan dalam mencari jawaban.
Namun upayakan guru tidak mencajab secara langsung, namun menunjukkan sumber
jawaban yang memuat informasi yang diperlukan.
3)
Guru mengamati sikap peserta didik, seperti kerja sama,
tanggung jawab, kepedulian, dan sebagainya.
Mengasosiasi (Associating)
1) Peserta didik
dengan kelompok membuat kesimpulan tentang faktor-faktor penyebab terjadinya disintegrasi,
akibat/dampak yang akan terjadi, serta solusi yang dapat digunakan untuk
mencegah/mengatasi terjadinya disintegrasi nasional.
2) Guru
membimbing peserta didik menyimpulkan jawaban secara berkelompok.
Mengkomunikasikan (Communicating)
Secara random peserta didik (2
sampai dengan 3 orang mewakili kelompok) dapat mengkomunikasikan secara lisan
hasil analisis kasus tersebut. Adapun peserta didik yang lain mengumpulkan
hasil analisis secara tertulis
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Guru menyimpulkan hasil pemaparan perwakilan kelompok.
2. Sebelum mengakhiri pelajaran, guru dapat melakukan
refleksi terkait dengan kasus tersebut.
3. mengakhiri pembelajaran degan mengucapkan rasa syukur
kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan
baik dan lancar.
4. Guru mengucapkan salam.
|
10 menit
|
0 comments:
Post a Comment