blog ini merupakan blog yang berisi informasi-informasi yang berkaitan dengan dunia pendidikan, keilmuan dan juga dunia penelitian.

Laman

Friday 19 May 2017

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PPKn SMA/MA kelas X

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      : 
Kelas/Semester            : x/2
Mata Pelajaran            : Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
Topik                           : Integrasi Nasional
Pertemuan Ke             : 4
Alokasi Waktu            :  2 X 45 Menit

A.  Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
no
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.1  Menghargai prilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berahlak mulia dalam kehidupan dilingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara.

1.1.1        Meyakini Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai salah satu sila dasar negara.
1.1.2        Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dirumuskannya pancasila sebagai dasar negara oleh para pendiri negara.
2
2.1  Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa

2.1.1        Meneladani semangat dan komitmen kebangsaan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri Negara dalam perumusan Pancasila sebagai dasar negara
3
3.1  Memahami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
3.1.1        Mendeskripsikan kedudukan dan fungsi pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
3.1.2        Mendeskripsikan arti penting Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3.1.3        Mendeskripsikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
4
4.1  Menalar nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.















4.2  Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional
4.1.1        Menunjukkan keterampilan mengamati tentang Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan bangsa.
4.1.2        Menunjukkan keterampilan menanya tentang Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
4.1.3        Menyusun laporan hasil telaah tentang Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupaan sehari-hari.
4.1.4        Menyusun gagasan tentang upaya mengamalkan nilai-nilai pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari.
4.1.5        Menyajikan laporan hasil telaah dan gagasan tentang Pancasila sebagai Dasar Negara dan pandangan hidup bangsa.
4.2.1        Mencoba praktik Kewarganegaraan sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

C.  Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran peserta didik dapat:
1.    Memahami penyebab-penyebab disitegrasi.
2.    Memahami bahaya disintegrasi nasional terhadapa keutuhan bangsa.
3.    Menimbulkan sikap toleran terhadap perbedaan sebagai upaya menjaga keutuhan bangsa.

D.  Materi Pembelajaran
Bahaya disintegrasi nasional terhadap persatuan dan kesatuan bangsa.

E.  Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan             : Metode Ilmiah (Scientific Method)
2.    Metode                   : Pembelajaran Berbasis Masalah (problem-based learning)

F.   Sumber Belajar
1.    Buku pelajaran PPKn kelas
2.    Buku LKS mata pelajaran PPKn
3.    Referensi internet sesuai materi yang sedang diajarkan.

G. Media Pembelajaran
1.    Media
·         Power Point
2.    Alat dan Bahan
·         Laptop
·         Proyektor
·         Layar proyektor

H.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
a.       Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar, menyiapkan kerapian dan kebersihan ruang kelas, membaca doa dan absensi, sebelum pelajaran dimulai.
b.      Guru memberikan penguatan tentang aspek motivasi belajar dan sikap spiritual peserta didik berkaitan dengan rasa syukur kepada tuhan yang maha esa.
c.       Guru memberi informasi tentang kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
d.       Guru menyampaikan materi pembuka sebagai pengetahuan bagi sisiwa.
e.       Guru membentuk kelompok belajar dalam kelas.
f.       Guru memberi batasan wktu pembentukan kelompok selama 5 menit.
20 menit
Inti
Mengamati (Observing)
1)      Peserta didik disajikan ilustrasi tentang disintegras nasional.
2)      Peserta didik dituntut untuk memahami ilustrasi yang sedang ditampilkan.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)      Peserta didik dengan kelompok mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan kasus-kasus disintegrasi yang pernah terjadi di Indonesia. Mengumpulkan informasi tentang faktor penyebab, akibat/dampak yang timbul, serta solusi yang digunakan dalam penanganan kasus disintegrasi yang pernah terjadi di Indonesia.
2)      Guru menjadi fasilitator bagi siswa, sekaligus menjadi sumber belajar dengan memberikan konfirmasi atas jawaban peserta didik. Guru dapat pula menjawab pertanyaan kelompok apabila kesulitan dalam mencari jawaban. Namun upayakan guru tidak mencajab secara langsung, namun menunjukkan sumber jawaban yang memuat informasi yang diperlukan.
3)      Guru mengamati sikap peserta didik, seperti kerja sama, tanggung jawab, kepedulian, dan sebagainya.
Mengasosiasi (Associating)
1)      Peserta didik dengan kelompok membuat kesimpulan tentang faktor-faktor penyebab terjadinya disintegrasi, akibat/dampak yang akan terjadi, serta solusi yang dapat digunakan untuk mencegah/mengatasi terjadinya disintegrasi nasional.
2)      Guru membimbing peserta didik menyimpulkan jawaban secara berkelompok.
Mengkomunikasikan (Communicating)
Secara random peserta didik (2 sampai dengan 3 orang mewakili kelompok) dapat mengkomunikasikan secara lisan hasil analisis kasus tersebut. Adapun peserta didik yang lain mengumpulkan hasil analisis secara tertulis
60 menit
Penutup
1.      Guru menyimpulkan hasil pemaparan perwakilan kelompok.
2.      Sebelum mengakhiri pelajaran, guru dapat melakukan refleksi terkait dengan kasus tersebut.
3.      mengakhiri pembelajaran degan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar.
4.      Guru mengucapkan salam.
10 menit

0 comments:

Post a Comment